Pemilik Website Perlu Tahu! Begini Cara Kerja Search Engine

Bagaimana Cara Kerja Search Engine
Bagaimana Cara Kerja Search Engine

Halo, Sobat Casa! Artikel dari berbagai macam web akan muncul bila mengetikkan suatu kata kunci di mesin pencari atau search engine. Lalu, bagaimana cara kerja search engine untuk bisa menemukan dan mengurutkan artikel di search result page?

Penggunaan search engine untuk mencari berbagai informasi tidak bisa dihindari pada era serba digital ini. Oleh karena itu, mempelajari cara kerja mesin telusur dapat membantu Sobat Casa yang ingin menaikkan peringkat blog pribadi atau website bisnis.

Apa Itu Search Engine?

Search engine adalah program yang dapat menampilkan informasi berbasis web berdasarkan kata kunci yang diinput. Mesin telusur berusaha untuk menunjukkan situs atau artikel yang paling sesuai dengan keyword yang diinginkan pengguna.

Ada dua bagian utama pada mesin telusur. Search Index yaitu kumpulan data yang digunakan untuk menyimpan informasi halaman situs.

Kemudian ada Search Algorithm yang merupakan algoritma atau program untuk mengambil informasi dari data yang sudah terindeks. Mesin telusur memiliki Search Algorithm tersendiri untuk memberi peringkat situs.

baca juga : Jasa Kelola Website

Bagaimana Cara Kerja Search Engine?

Search engine memiliki beberapa cara kerja, sehingga dapat menampilkan informasi data yang berurutan. Berikut penjelasan mengenai cara kerja search engine:

1. Tahap Crawling

Tahap crawling merupakan proses pengumpulan data berupa kode tiap URL dan konten dari sebuah laman website. Setelah itu, barulah data disimpan dalam database.

Proses crawling dilakukan oleh robot yang bekerja secara otomatis. Robot crawling juga menyimpan data terbaru dari konten atau web yang baru diperbarui.

Oleh karenanya, mesin telusur dapat mendeteksi konten-konten yang termasuk ke dalam kategori duplikasi. Biasanya crawling mendeteksi data informasi dalam bentuk judul, isi, keyword, backlink/internal link, hingga bentuk gambar.

2. Tahap Indexing

Proses penempatan data yang diperoleh dari proses crawling ke dalam database mesin pencarian disebut indexing. Pada tahap ini, data digolongkan sesuai dengan halaman yang sudah terindeks, tetapi belum ada pada search engine.

Tahap indexing mencakup lokasi, bahasa, dan lain sebagainya. Tujuan pengelompokan ini untuk memudahkan menampilkan hasil ketika diminta oleh pengguna internet.

Oleh sebab itu, pastikan dahulu laman Sobat Casa sudah terindex agar bisa tampil di search engine. Lamanya sebuah laman website untuk mendapatkan indexing search engine ini tergantung pada faktor kualitas web dan juga kontennya.

3. Ranking

Tahap ranking merupakan bagaimana cara kerja search engine untuk mengurutkan peringkat situs. Proses pemeringkatan dipengaruhi oleh relevannya sebuah halaman website yang menerapkan Search Engine Optimization.

Relevansi konten berpengaruh pada kredibilitas mesin telusur. Oleh karenanya, semakin relevan website tersebut, maka semakin besar juga kesempatan untuk mendapatkan ranking atas di search engine result page (SERP).

Dalam memposisikan halaman situs, search engine tidak bisa sembarangan. Jadi, SEO memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan website.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja Mesin Pencari untuk Tingkatkan Trafik Website

Fungsi Search Engine

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja search engine, Sobat Casa harus mengetahui apa fungsinya. Penjelasannya akan dijabarkan di bawah ini:

1. Menampilkan Informasi Sesuai Keyword

Semua pengguna search engine tentu memiliki tujuan berbeda dalam mencari informasi. Maka dari itu, mereka menggunakan kata kunci supaya dengan harapan memperoleh konten yang relevan.

Pengguna internet semakin bertambah tiap harinya. Apalagi dengan tren mencari informasi dari mesin penelusuran dan media sosial.

Maka dari itu, penting untuk membuat konten yang berkualitas dan bukan sekedar clickbait. Selain menaikkan peringkat, para pengguna search engine akan terbantu dengan informasi yang diberikan.

2. Mengumpulkan Data di Website

Seperti yang telah disinggung, mesin pencari melakukan proses indexing atau mengumpulkan data. Robot crawling akan menjelajah dan menyimpan data-data website yang beredar di internet.

Sistem ini sangat menguntungkan karena dapat mengarsipkan semua data yang Sobat Casa unggah ke search engine. Namun, data akan sulit ditemukan jika tidak terindeks karena belum menerapkan SEO atau konten sudah terlalu lama dan belum di-update.

3. Media untuk Marketing

Pemasaran secara online sedang banyak digandrungi dan menjadi strategi marketing yang paling populer. Dengan banyaknya orang yang menggunakan mesin penelusuran, maka bisnis yang memanfaatkan internet dengan baik akan sangat diuntungkan.

Sobat Casa yang memiliki bisnis bisa menerapkan Search Engine Marketing (SEM). Praktiknya menggunakan iklan berbayar sebagai alat memasarkan produk. Selain itu, penerapan SEO pada web perusahaan juga sangat membantu dalam meningkatkan brand awareness.

Contoh Search Engine

Ada banyak mesin penelusuran yang bisa Sobat Casa gunakan, di antaranya:

1. Google

Menjadi search engine paling populer, Google dipakai oleh 92% pengguna internet di seluruh dunia pada tahun 2023. Di Indonesia sendiri, diperkirakan ada sekitar 97% dari keseluruhan pengguna.

Masih belum ada yang bisa mengalahkan popularitas Google hingga diberi julukan “King of Of Search Engine”. Hal ini dikarenakan Google tersedia hampir di semua perangkat dan menyediakan lebih banyak informasi.

2. Yahoo

Mesin penelusuran ini juga banyak dipakai oleh pengguna dunia, namun sudah tidak terlalu terkenal seperti dulu. Hal ini dikarenakan Yahoo mempopulerkan era search engine, email, dan program chat di tahun 2000-an awal.

Penurunan jumlah pengguna Yahoo diperkirakan karena banyak saingan yang memunculkan beragam inovasi. Search engine ini juga tidak memiliki browser sendiri, melainkan menjalin kerjasama dengan Firefox atau Microsoft Bing.

3. Microsoft Bing

Beberapa sistem pencari dikembangkan oleh Microsoft, salah satunya bernama Bing. Microsoft Bing merupakan default dari mesin penelusuran yang ada di Windows. Search engine ini sudah bisa menyaingi Yahoo dengan jumlah lebih dari 1 miliar pengguna.

Penggunaan Bing sudah mulai marak hingga bisa mencapai 100 juta pengguna harian. Hal ini diperkirakan karena penggunaan Bing yang berbasis AI untuk Microsoft Edge, browser bawaan dari sistem Windows.

4. Yandex

Warga Rusia memiliki mesin penelusuran yang sering mereka gunakan, yakni Yandex. Sejak tahun 2017, Yandex juga menjadi search engine default di perangkat Android produksi Rusia.

Selain mesin penelusuran, pemilik Yandex juga mengeluarkan berbagai produk seperti periklanan online serta aplikasi navigasi. Meski belum bisa mengalahkan penggunaan Google, search engine ini menjadi kebanggaan warga Rusia.

Apakah Sobat Casa sudah memahami bagaimana cara kerja search engine? Semoga artikel ini bisa membantu untuk menjawab pertanyaan tentang cara kerja serta fungsi dari mesin telusur.

Apabila Sobat Casa perlu bantuan untuk menaikkan peringkat website, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa SEO Website untuk membantu mengoptimalkan situs supaya berada di peringkat atas search engine.

Casa Kreatif merupakan perusahaan digital public relation agency di kota Malang. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: 5+ Keuntungan Menggunakan Search Engine Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *