Apa Itu Digital Marketing? Inilah Penjelasan dan Keunggulannya!

Apa itu digital marketing
Apa itu digital marketing

Halo, Sobat Casa! Apakah Anda sudah tahu apa itu digital marketing? Istilah ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004. Namun, tren digital marketing baru mulai berkembang sejak tahun 2011, sejalan dengan meluasnya internet dan penggunaan sosial media.

Digital marketing dalam sebuah bisnis memiliki peranan yang penting, sehingga harus diterapkan dalam perusahaan. Mari simak bersama manfaat dari menerapkan pemasaran digital di bawah ini.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang dilakukan pada media digital. Fungsinya untuk meningkatkan penjualan produk dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Contoh platform yang digunakan yaitu media sosial, web, serta marketplace.

Kegiatan ini memiliki alur yang cukup panjang. Dimulai dengan research, perumusan ide, pembuatan konten, pemilihan platform, dan eksekusi produk. Teknik digital marketing juga dapat digunakan sebagai sarana evaluasi dan menganalisis impact dari campaign yang dilakukan.

Pembagian Tim Digital Marketing

Alur yang kompleks membuat ada banyak role dalam tim digital marketing. Berikut beberapa peran dalam digital marketing yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Digital Marketing Analyst

Kemampuan analisis dibutuhkan dalam digital marketing untuk mengetahui seberapa efektif strategi pemasaran online yang telah diterapkan. Tim juga harus mampu menyimpulkan masalah apa yang sedang dihadapi dan memberikan solusi yang tepat.

Digital marketing analyst memiliki job desc untuk mengevaluasi Key Performance Indicators (KPI). Kemudian posisi ini juga mempunyai tugas menganalisis traffic situs perusahaan secara berkala.

baca juga : Jasa Google Ads

2. Digital Marketing Specialist

Tim spesialis harus benar-benar memahami apa itu digital marketing. Hal ini dikarenakan Digital marketing specialist dibebankan pada keseluruhan eksekusi dari strategi pemasaran online yang telah disusun.

Perusahaan dapat membagi tim spesialis menjadi lebih spesifik, seperti media sosial, SEM (Search Engine Marketing) dan SEO (Search Engine Optimization), serta pemasaran email. Tetapi bila hanya ada posisi Digital Marketing Specialist, biasanya dibutuhkan kemampuan menguasai seluruh platform digital marketing.

3. Digital Marketing Strategist

Posisi ini membutuhkan sumber daya yang memiliki keahlian dalam menyusun strategi serta paham mengenai digital marketing secara keseluruhan. Umumnya dibutuhkan pengalaman dalam proyek digital marketing untuk menyusun strategi bagi perusahaan.

Tugas dari digital marketing strategist meliputi perencanaan pengembangan web, iklan, email, serta media sosial. Selain itu, posisi ini juga bertanggung jawab dalam mengatur kerja sama dengan pihak luar terkait strategi pemasaran online.

Baca Juga: Makin Keren, Inilah Tren AI Untuk Digital Marketing

4. Customer Relation Officer (CRO)

Perusahaan butuh menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan, tidak terkecuali pada platform digital marketing. CRO bertugas untuk berinteraksi dan mengamati perilaku pelanggan.

Customer Relation Officer membantu perusahaan meningkatkan pelayanan dari sudut pandang para pelanggan. CRO juga dapat membantu menaikkan kepercayaan mereka melalui interaksi yang baik.

5. Social Media Specialist

Social media marketing sangat krusial dalam pemasaran masa kini. Masifnya penggunaan Instagram, YouTube, hingga WhatsApp membantu bisnis dari segi promosi.

Maka dari itu, social media specialist dibutuhkan dalam perusahaan. Tim tersebut harus memastikan ketepatan pengelolaan setiap platform medsos sehingga promosi sudah menjangkau target pasar dan bisa membantu penjualan.

6. SEM & SEO Specialist

Posisi Spesialis SEM dan SEO berkaitan erat dengan pengoptimalan mesin telusur untuk kepentingan bisnis. SEO mencakup pengelolaan website, kata kunci, hingga konten sehingga bisa menaikkan peringkat di Google, Yahoo, atau search engine lain.

Sedangkan SEM terkait dengan strategi pemasaran menggunakan iklan berbayar agar visibilitas di mesin pencarian naik secara instan. Keduanya bisa membantu meningkatkan brand awareness di tengah masyarakat yang mayoritas bergantung pada internet untuk memperoleh suatu informasi.

7. Content Strategist

Supaya pembuatan konten lebih fokus, beberapa perusahaan memisahkan posisi ini dari spesialis SEM dan SEO serta Medsos.

Content Strategist membawahi atau bekerja sama dengan Copywriter untuk menentukan gaya penyampaian konten sesuai bisnis. Posisi ini juga berhubungan dengan Content Writer yang mempunyai tugas mengeksekusi strategi pembuatan artikel atau tulisan lain.

8. Web Developer

Situs resmi membantu pelanggan mengetahui informasi bisnis dengan lebih mudah. Oleh karena itu, website wajib dikelola dan ditata sebaik mungkin.

Web Developer memiliki tugas untuk mendesain situs bersama tim desain. Orang di posisi ini juga harus bekerja sama dengan Content Writer dan Copywriter supaya konten yang dihasilkan bisa tampil di mesin pencari.

Keuntungan Menggunakan Digital Marketing

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, Sobat Casa harus memahami keunggulannya bagi keberlangsungan suatu bisnis, di antaranya:

1. Biaya Murah dan Cepat

Digital marketing dapat meningkatkan penjualan serta promosi produk secara efektif. Pemasaran bisa dilakukan dalam waktu singkat dan dapat mencapai banyak target pasar sekaligus.

Promosi dengan menggunakan digital marketing juga jauh lebih murah dibandingkan metode konvensional. Pasalnya, tarif untuk memasang papan reklame atau cetak brosur sudah semakin tinggi. Sedangkan, digital marketing melalui media sosial bisa dilakukan dengan gratis.

2. Cakupan Audience yang Lebih Luas

Perkembangan teknologi dan meluasnya internet menjadikan pemasaran tidak terhambat oleh batasan geografis. Apalagi dengan masifnya penggunaan media sosial.

Tidak dapat dipungkiri, sampai saat ini sudah ada 175 juta akun dan 91,77 juta akun Instagram di Indonesia. Belum lagi dengan data pengguna di negara lain. Hal ini tentu tidak akan didapatkan, jika hanya menggunakan promosi marketing dengan sebar brosur, bukan?

3. Audience Menjadi Lebih Spesifik

Jika Sobat Casa menjual produk kapsul daun kelor untuk para ibu menyusui, tentunya produk tidak ditawarkan kepada anak-anak sekolah, bukan? Daripada membuang waktu dengan audience yang tidak sesuai, Sobat Casa dapat menargetkan audience yang sesuai dengan produk tersebut.

4. Dapat Bersaing secara Global

Teknik pemasaran online memungkinkan bisnis dikenal di seluruh dunia. Artinya, Sobat Casa memiliki peluang untuk bersaing secara di lingkup internasional dengan menerapkan teknik digital marketing yang baik.

Apakah artikel di atas sudah menjawab pertanyaan apa itu digital marketing dari Sobat Casa? Mengingat prospek industri digital marketing yang sangat besar, maka tidak ada salahnya kalau kamu mempelajari bidang ini lebih dalam.

Namun, jika Sobat Casa membutuhkan bantuan untuk menerapkan digital marketing dalam bisnis, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan layanan pengembangan digital marketing yang lengkap dan dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Casa Kreatif merupakan perusahaan Digital Public Relation Agency. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: Perbedaan Internet Marketing dengan Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *