Wajib Tahu! Pentingnya Media Relations Bagi Perusahaan

media relations
media relations

Halo, Sobat Casa! Media relations atau hubungan media telah menjadi strategi umum yang banyak digunakan berbagai perusahaan atau lembaga. Hal ini dikarenakan publikasi yang dilakukan media dapat berdampak pada persepsi masyarakat.

Itulah mengapa, strategi ini banyak diandalkan oleh perusahaan dan lembaga sebagai langkah utama dalam pemasaran. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai media relations, mari simak informasi berikut ini.

Apa Itu Media Relations?

Media relations adalah sebuah kegiatan yang dilakukan perusahaan atau lembaga untuk menjalin hubungan dengan berbagai media.

Media yang dimaksud bisa berupa koran atau majalah yang merupakan media cetak. Kemudian pemberitaan dapat dilakukan melalui media elektronik, seperti radio dan televisi.

Namun, publikasi melalui media massa online menjadi jenis media yang paling populer dan digemari. Pasalnya, sekarang akses internet sudah lebih mudah dan penggunaan smartphone semakin marak.

Penyiaran berita secara maksimal merupakan tujuan dari menjalin hubungan dengan media. Pemberitaan dapat dimaksimalkan dalam hal jumlah serta kelengkapan informasi yang dimuat.

Pentingnya Media Relations

Kontribusi dari kerjasama dengan media telah banyak dibuktikan oleh berbagai pihak. Berikut beberapa alasan pentingnya media relation bagi perusahaan, antara lain:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Seperti yang diketahui, media mampu membentuk persepsi publik mengenai suatu hal.

Oleh karena itu, apabila suatu perusahaan bekerja sama dengan banyak media, maka publikasi bisa menjadi lebih positif. Dengan begitu, citra perusahaan dapat meningkat.

2. Strategi Tepat sebagai Manajemen Krisis

Situasi krisis yang terjadi pada perusahaan atau lembaga biasanya akan langsung berdampak pada reputasi hingga penjualan produk. Oleh karena itu, situasi tersebut harus bisa diatasi dengan tepat.

Salah satu solusi untuk menghadapi krisis pada perusahaan adalah dengan melakukan kerja sama media. Hubungan media terbukti cocok dan banyak membantu ketika digunakan untuk menangani situasi tidak baik yang sedang terjadi pada perusahaan.

Melalui bantuan media, Sobat Casa dapat melakukan klarifikasi terhadap krisis yang sedang terjadi dengan lebih mudah. Dengan begitu, citra perusahaan bisa tetap terjaga.

Baca Juga: Kenapa Press Release itu Penting dan Tujuannya

3. Meningkatkan Kepercayaan Publik

Publikasi media tidak hanya dilakukan saat perusahaan berada di posisi genting. Pemberitaan juga bisa menjadi strategi meningkatkan brand awareness.

Perusahaan yang menjalin hubungan dengan banyak media tentu akan mendapatkan publikasi yang lebih pada media tersebut. Publikasi tersebut tentu dapat meningkatkan kepercayaan publik. Khalayak yang terkena paparan media dapat menjadi berubah dan mengikuti informasi yang dipersepsikan oleh media.

Apabila publikasi perusahaan atau lembaga Sobat Casa mampu dimuat di dalam media terkenal, maka secara otomatis kepercayaan publik terhadap perusahaan akan meningkat.

Contoh Kegiatan Media Relations

Keterlibatan media dapat dihadirkan dalam berbagai macam kegiatan. Contoh kegiatan yang termasuk media relations yakni:

1. Press release

Tulisan yang dibuat untuk meningkatkan citra perusahaan atau lembaga dan dipublikasikan secara luas melalui media disebut dengan press release. Publikasi bisa dilakukan di media cetak atau online.

Ada baiknya bila Sobat Casa menggunakan saluran yang kredibel. Media yang sudah populer memudahkan informasi mengenai perusahaan bisa meluas dengan cepat.

2. Konferensi Pers

Jumpa pers atau konferensi pers adalah acara yang digelar perusahaan dan mengundang pihak media untuk membantu publikasinya. Penyiaran berita bisa dalam bentuk tertulis maupun video.

Konferensi pers sangat membantu perusahaan menyebarkan informasi dengan lebih luas karena langsung dihadiri oleh banyak media. Pihak media biasanya juga lebih tertarik karena wartawan dapat mengajukan pertanyaan secara langsung dan terbuka.

3. Press Tour

Mengadakan press tour atau tur media adalah cara humas atau PR perusahaan menjalin hubungan baik dengan media. Tur media merupakan kegiatan kunjungan ke kantor pusat, pabrik, atau bagian lain perusahaan oleh para jurnalis.

Perusahaan sengaja mengundang jurnalis untuk mengetahui suatu kegiatan atau perkembangan. Baru setelah itu hasil kunjungan akan dipublikasikan ke media.

4. Media Gathering

Perusahaan atau lembaga akan mengundang pihak media dalam acara kasual, seperti makan-makan atau olahraga bersama. Tujuannya yakni untuk menaikkan citra dihadapan pihak media.

Harapan dari diadakannya media gathering yaitu berita tentang perusahaan bisa dipublikasikan dengan baik. Maka dari itu, divisi public relation harus mempersiapkan apa saja yang akan diinformasikan kepada media pada saat acara berlangsung.

Itu dia penjelasan mengenai media relations sebagai strategi perusahaan dalam bentuk kerjasama dengan media. Dengan memanfaatkan kerja sama dengan berbagai media, maka perusahaan mampu meningkatkan performa, mulai dari awareness hingga penjualannya.

Apabila Sobat Casa perlu bantuan untuk menerbitkan berita ke berbagai media online, Casa Kreatif siap membantu. Casa Kreatif menawarkan jasa press release untuk membantu mempublikasikan berita di media yang kredibel dan memiliki elektabilitas.

Casa Kreatif merupakan perusahaan Digital Public Relation Agency. Sobat Casa bisa melihat produk Casa Kreatif lainnya pada layanan Casa Kreatif.

Yuk, mulai optimalkan bisnis kamu bersama Casa Kreatif!

Baca Juga: Cara Membuat Press Release yang disukai Media

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *