Bisnis  

3+ Contoh Penerapan Growth Hacking dalam Bisnis

Contoh growth hacking dalam bisnis

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pendapatan dalam bisnis. Salah satunya yaitu dengan menerapkan strategi growth hacking. Anda bisa mempelajarinya dengan meniru beberapa contoh growth hacking dalam bisnis berikut ini!

Cara Kerja dan Contoh Growth Hacking dalam Bisnis

Peretas pertumbuhan atau yang lebih dikenal dengan growth hacking merupakan salah satu strategi yang diterapkan dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dalam bisnis, yang dilakukan  dengan cara mempertahankan pelanggan. Strategi ini mulai berkembang pada tahun 2010, setelah CEO GrowthHackers, Sean Ellis mulai memperkenalkannya ke publik.

Strategi growth hacking ini bukan hanya melibatkan para tenaga pemasaran (marketing) saja, yang biasanya bertugas untuk mencari hingga mempertahankan pelanggan. Namun khusus dalam growth hacking ini, semua elemen dalam perusahaan ikut terlibat dalam peretas pertumbuhan ini.

Beberapa contoh growth hacking dalam bisnis ini diantaranya:

1. Memanfaatkan Pop Up

Memanfaatkan pop up bisa menjadi salah satu contoh dari growth hacking. Terutama bagi Anda yang memanfaatkan website. Dimana pop up diartikan sebagai form khusus yang muncul saat pengunjung mengunjungi salah satu website.

Salah satu contoh dari growth hacking melalui pop up ini, yaitu bilamana Anda sedang browsing dan masuk ke salah satu website. Dimana dalam halaman tersebut, Anda akan melihat iklan dari salah satu brand/produk yang muncul di sebelah kiri dan kanan halaman, maupun yang berada di bagian tengah dan juga bawah halaman website tersebut.

Baca juga ulasan kami tentang Pentingnya Memahami Growth Hacking dalam Digital Marketing!

2. Menyediakan layanan Live Chat, Nomor Telepon dan Form Pertanyaan

Contoh growth hacking dalam bisnis lainnya yaitu dengan menyediakan layanan live chat, menyertakan nomor telepon, ataupun dengan membuatkan sebuah form khusus bagi para pelanggan dalam menyampaikan keluhan serta berbagai pertanyaan, pada website yang Anda miliki.

Dengan melakukan hal tersebut, secara otomatis, Anda telah melakukan upaya growth hacking yang bertujuan untuk mempertahankan pelanggan. Hanya saja, agar pelanggan tersebut tidak dengan mudah pergi dan menghilang. Maka Anda harus bersikap responsif terhadap semua pertanyaan dan juga keluhan dari para pelanggan tersebut.

3. Lakukan Retention Marketing

Retention marketing atau yang dikenal juga dengan pemasaran retensi adalah sebuah upaya yang dilakukan oleh marketing ataupun elemen perusahaan lainnya, agar pelanggan yang dimiliki, bisa melakukan pembelian kembali di tempat tersebut. Dalam arti, pelanggan bisa melakukan pembelian secara berulang, dan diharapkan bisa terus berkelanjutan.

Cara ini bisa dibilang sebagai contoh growth hacking yang paling ampuh. Dimana dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pelanggan tetap yang memiliki loyalitas tinggi terhadap brand/produk yang Anda jual. Adapun caranya yaitu dengan melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Berikan diskon tambahan maupun promo terbatas bagi pelanggan yang melakukan pembelian pada kali kedua
  • Memberikan perhatian khusus pada pelanggan. Misalnya dengan memberikan voucher khusus bagi pelanggan yang berulang tahun, mengirimkan email sebagai ucapan terima kasih telah membeli produk/brand yang Anda jual, dan sebagainya
  • Mengirimkan email yang berisi sejumlah informasi mengenai semua layanan dan produk/brand yang Anda jual (newsletter). Fungsinya adalah agar pelanggan tidak kehilangan informasi mengenai produk/brand tersebut, serta bisa menimbulkan ketertarikan untuk melakukan pembelian secara berulang.

Itu dia beberapa contoh dari growth hacking dalam bisnis yang bisa Anda tiru. Dengan melakukan contoh-contoh diatas, Anda bukan hanya bisa mempertahankan pelanggan Anda. Namun juga bisa mendapatkan pendapatan yang lebih, dari bisnis yang Anda jalankan saat ini.

Kami juga mengulas tentang Apa Saja Tahapan Growth Hacking? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Jika Anda belum paham mengenai growth hacking, maupun ingin melakukan strategi ini dalam bisnis Anda. Namun Anda belum paham mengenai cara untuk melakukannya. Maka Anda bisa mengandalkan Casa Kreatif.

Karena sebagai jasa digital advertising agency, Casa Kreatif akan memberikan Anda pemahaman mengenai pentingnya growth hacking dalam bisnis. Bukan hanya itu saja, jasa ini akan membantu Anda dalam mempertahankan pelanggan dan juga meningkatkan pendapatan Anda dalam bisnis. Tentunya dengan melakukan 3 contoh growth hacking dalam bisnis seperti yang telah dijelaskan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *