Catat! 11 Daftar Start-Up Indonesia yang Populer dari Berbagai Sektor Bisnis

Daftar Start-Up Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini, istilah bisnis start-up ramai diperbincangkan. Banyak orang ingin tahu apa saja daftar start-up Indonesia yang populer untuk dijadikan referensi usaha.

Di Indonesia, terdapat lebih dari dua ribu bisnis start-up. Dua di antaranya adalah decacorn dan sembilan di antaranya adalah unicorn. Dua bisnis yang termasuk decacorn adalah J&T Express dan GoTo Group.

Start-up yang memperoleh pendanaan dengan jumlah yang paling banyak adalah GoTo Group. GoTo Group merupakan gabungan antara Tokopedia dengan Gojek. Keduanya memutuskan untuk bergabung sejak tahun 2021.

Daftar Start-Up Indonesia Paling Populer

Perkembangan bisnis start-up di Indonesia dapat memberikan dampak yang positif terhadap kondisi ekonomi. Start-up di Indonesia bergerak di berbagai sektor usaha, seperti pendidikan, F&B, kesehatan, dan sebagainya. Berikut ini adalah daftar start-up Indonesia yang populer.

1. MySkill

MySkill berkantor pusat di Jakarta dan didirikan pada tahun 2021. Myskill menyediakan layanan e-learning dengan tujuan menambah keahlian para anak muda yang ingin memulai kariernya.

2. Yummy Corp

Di industri makanan, ada bisnis yang menyediakan layanan katering dan cloud kitchen, yaitu Yummy Corp. Bisnis ini telah ada sejak beberapa tahun yang silam. Ada lebih dari lima puluh perusahaan yang telah menjalin kemitraan dengan Yummy Corp.

3. Gojek

Sebagian besar orang pasti pernah menggunakan aplikasi Gojek. Perusahaan berbasis teknologi ini didirikan oleh Nadiem Makarim pada tahun 2010. Awalnya Gojek hanya menyediakan layanan transportasi online, namun sekarang juga menyediakan layanan pengiriman barang, pemesanan makanan, dan sebagainya.

Gojek sudah memberikan efek positif bagi kehidupan masyarakat. Hadirnya Gojek di Indonesia juga membuka lapangan pekerjaan bagi driver motor dan mobil. Selain di Indonesia, aplikasi Gojek juga sudah digunakan di Thailand, Vietnam, dan Singapura.

4. Bukalapak

Sama seperti Gojek, bisnis ini juga didirikan pada tahun 2010 oleh Achmad Zaky dan teman-temannya. Awalnya, Bukalapak hanya digunakan untuk jual-beli barang bekas saja. Namun, kini Bukalapak juga melayani transaksi jual-beli barang-barang yang baru. Selain Indonesia, Bukalapak juga telah menembus pasar internasional, seperti Malaysia dan Singapura.

5. Ruangguru

Ruangguru termasuk dalam daftar startup Indonesia. Ruangguru telah meluncurkan platform yang berguna bagi para siswa.

Dengan aplikasi Ruangguru, para siswa mendapatkan pembelajaran secara online. Selain itu, Ruangguru juga menyediakan pelatihan berbasis online.

6. Bridestory

Bridestory membantu para calon pengantin untuk menemukan vendor yang tepat. Melalui platform yang dibuat oleh Bridestory, calon pengantin bisa mencari vendor untuk acara pernikahan, seperti fotografi, katering, dekorasi, dan sebagainya.

7. Kopi Kenangan

Kopi Kenangan adalah bisnis F&B yang telah berhasil menyandang sebutan bisnis unicorn. Istilah unicorn sendiri disematkan pada bisnis dengan market capital-nya paling sedikit satu milyar US dollar.

Kopi Kenangan merupakan bisnis F&B yang menjual kopi dengan banyak varian. Kopi mereka tidak hanya bisa dipesan secara offline, namun juga secara online.

8. OVO

Apakah Anda sudah pernah menggunakan aplikasi OVO? Aplikasi OVO adalah aplikasi digital wallet yang banyak peminatnya. Aplikasi ini mempermudah masyarakat untuk melakukan transaksi. Pada tahun 2019 silam, bisnis ini sudah mendapatkan julukan sebagai bisnis unicorn.

9. HappyFresh

Apakah Anda tidak sempat keluar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti buah dan sayur? Kini, Anda bisa membelinya secara daring melalui aplikasi Happy Fresh. HappyFresh adalah bisnis startup yang beroperasi di sektor consumer goods & service.

10. Alodokter

Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Alodokter. Bisnis startup kesehatan ini mulai beroperasi pada tahun 2014. Melalui aplikasi Alodokter, Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter secara daring.

11. Bobobox

Apakah Anda pernah mendengar tentang hotel kapsul? Di Indonesia, ada bisnis startup yang menyediakan jasa penginapan berupa hotel kapsul. Namanya adalah Bobobox yang didirikan pada tahun 2018 di Bandung.

Hotel kapsul Bobobox dilengkapi dengan pintu yang terkoneksi dengan aplikasi. Bisnis ini sudah mempunyai cabang-cabang yang tersebar di Pulau Jawa.

itulah sebelas daftar startup Indonesia. Dari deretan daftar start-up Indonesia ini, manakah yang paling familiar bagi Anda? Adakah nama perusahaan yang belum pernah Anda dengar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *